Buah Mengkudu

Buah Mengkudu adalah buah dari tanaman atau pohon yang berasal kawasan Asia Tenggara dalam keluarga Rubiaceae. Buah yang pohonnya memiliki tinggi sekitar 5 meter ini dikenal luas sebagai buah yang memiliki rasa sangat pahit dan khasiat baik untuk dijadikan obat.

Buah yang berdiameter sekitar 7,5 hingga 10cm ini memiliki daging yang banyak mengandung air dengan aroma yang dianggap tidak sedap. Hal tersebut terkait dengan kandungan yang terdapat dalam buah tersebut, yakni campuran antara asam kaprat (asam lemak dengan sepuluh atom karbon)am kaproat (C6) dengan asam kaprilat (C8) sehingga menimbulkan bau pada buahnya. Sedangkan pada daunnya terkandung banyak vitamin A, sehingga baik untuk dikonsumsi dan dipercaya dapat menyembuhkan ambein.

Masyarakat Aceh memanfaatkan buah mengkudu sebagai sayur dan rujak. Untuk pengobatan biasanya buah mengkudu dimakan berbentuk jus (juice). Berikut kandungan yang terdapat pada buah mengkudu:
  • Zat nutrisi, seperti viamin, protein, dan mineral penting lainnya, serta berbagai jenis senyawa seperti xeronine, alizarin, plant sterois, lycine, caprylic acid, sosium, arginine, proxeronine, antra quinines, magnesium, trace elemens, phenylalanine, dan lainnya.
  • Terpenoid, yang merupakan zat yang membantu proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh manusia.
  • Zat anti bakteri, yang dapat mematikan bakteri penyebab infeksi dan mengontrol bakteri pathogen pada manusia.
  • Scolopetin, merupakan senyawa yang sangat efektif sebagi unsur anti peradangan serta anti alergi.
  • Zat anti kanker, yang dapat melawan sel-sel abnormal.
  • Proxeronine dan alkaloid penting xeronine, yang dapat mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, serta mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.

Klasifikasi ilmiah
KingdomPlantae
OrdoGentianales
FamiliRubiaceae
GenusMorinda
SpesiesM. citrifolia
Nama binomialMorinda citrifolia (L.)